Minggu, 01 Oktober 2017

Mengetahui Teknik Informatika


SEPUTAR ILMU DAN TEORI TEKNIK INFORMATIKA

Standar

TEKNIK-INFORMATIKA
Semakin maraknya dan semakin rumit pula masalah yang dihadapi manusia modern dalam hal informasi dan teknologi, menjadikan teknik informatika sebagai salah satu solusi.
Teknologi seyogianya menjadikan banyak harapan dan dapat memecahkan banyak masalah yang sebelumnya dikerjakan dengan cara dan pola yang manual, yang tidak menutup kemungkinan terjadi banyak kesalahan yang akan menyita waktu, energi serta biaya yang semakin lama proses pengerjaannya akan mengakibatkan besarnya pengeluaran.
Maka munculah ilmu informatika, sebagai cabang ilmu. Teknik informatika adalah disiplin ilmu yang di dalamnya memelajari disiplin ilmu dan teknik yang secara spesifik menangani dan memelajari permasalahan transformasi atau pengolahan data dengan menggunakan dan memanfaatkan semaksimal mungkin tekhnologi komputer melalui proses atau cara kerja berdasarkan logika.
Secara pengertian teknik informatika berasal dari istilah informatika yang berasal dari bahasa Perancis yaitu informatique, sedangkan dalam bahasa Jerman disebut informatik. Namun sebenarnya istilah tersebut identik dengan istilah yang ada di Amerika Serikat yaitu: istilah computer science, sedangkan di Inggris Computing science, istilah ini lebih menekankan pada aspek bagaimana pengolahan informasi yang dilakukan secara rasional dan sistematis.
Sedangkan sistem informasi adalah sistem pengaplikasian pada komputer yang dilakukan untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalisasi melakukan perawatan, dan lain sebagainya.
Teknik Informatika Sebagi Pilihan Jurusan
Banyak hal yang dapat dipelajari di jurusan teknik informatika, namun dasar dari disiplin ilmu ini adalah alogaritma. Mahasiswa diarahkan untuk memahami dan memelajari mengenai keterampilan rekayasa informatika yang semuanya didasari oleh kemampuan untuk melakukan analisis, penilaian, pemahaman, pola penerapkan dan menciptakan sofware atau perangkat lunak yang berhubungan dengan komputer.
Di saat sekarang ini, saat tekhnologi dan informasi berkembang dengan cepat, menjadikan komputer sebagai media yang sangat penting dalam menyumbang gerak kehidupan. Terdapat pengertian, definisi mengenai teknik informatika, berikut adalah sumber-sumbernya:
Teknik Informatika, menurut Institut Teknologi Bandung, teknik informatika adalah kumpulan disiplin ilmu yang mengolah fakta atau bukti-bukti berlambang dan informasi dengan menggunakan mesin atau komputer
Teknik Informatika, menurut IT. Pengertian informatika yang menurut bahasa Inggris Informatics adalah disiplin ilmu yang mencakup struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mendapatkan dan mengumpulkan data, memproses dan menyiman data serta bagaimana menampilkannya menjadi bentuk informasi.
Pada dasarnya sama yang secara garis besar jurusan teknik informatika berkaitan dengan beberapa bidang dan ilmu lainnya, yaitu :
1. Teknik Informatika – Sistem Informasi
Sistem informasi adalah bidang ilmu yang memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar mengenai konsep dan kerangka dalam sistem informasi, metodologi dan bagaimana mengelola teknik informatika berupa rancangan, bagaimana melakukan pengembangan, pengetesan dan cara melakukan pemeliharaan sistem pada perangkat lunak.
Sistem informasi dapat dikatakan sebagai gabungan dari beberapa unsur teknologi yang berbasis komputer yang setiap unsur satu dengan yang lainnya saling berkaitan, berinteraksi dan melakukan kerjasama berdasarkan aturan kerja yang telah disepakati / ditetapkan.
2. Teknik Informatika – Ilmu Informasi
Adalah ilmu yang memelajari mengenai data dan informasi, di dalamnya memelajari mengenai cara menginterpretasi, melakukan analisis, penyimpanan dan pengambilan kembali. Ilmu ini adalah dasar dari analisis komunikasi dengan menggunakan basis data.
3. Teknik Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari di bidang teknik informatika adalah bagaimana penganalisaan dan membuat desain objek, proses penyempurnaan rekayasa, inveksi perangkat lunak, dan rekayasa perangkat lunak serta pemprograman basis data cilent selver.
4. Teknik Informatika – Bidang Pemprograman dan Komputasi
Bidang pengetahuan ini memberikan kemampuan bagaimana melakukan penganalisisan permasalahan dalam ruang lingkup komputasi paralel, sistem terdistribusi dan tekhnologi antar jaringan
5. Teknik Informatika – Arsitekur dan Jaringan Pada Komputer
Pada cakupan ilmu teknik informatika, bidang ini memelajari mengenai arsitektur yang ada pada komputer, organisasi, elektronika, sistem digital komputer, sistem mikroposesor dan jaringan komputer
Cabang Teknik Informatika
Berikut adalah cabang ilmu teknik informatika yang sebagian besar akan dipelajari di bangku kuliah jurusan teknik informatika:
Dasar matematika, memelajari mengenai:
Ilmu aljabar boolean,
Memelajari sesuatu yang tidak saling berhubungan / tidak saling kontinyu atau disebut dengan matematika diskrit.
Teori graf.
Teori informasi.
Logika simbolik yang disebut juga dengan logika modern atau logika matematika.
Memelajari peluang dan statistik
Ilmu Komputer, memelajari mengenai:
Teori informasi Algoritmik.
Kompilator yaitu mengenai analisis leksikal dan penguraian.
Kriptografi yaitu ilmu dan seni yang mempelajari mengenai menjaga kerahasiaan berita atau data.
Semantik denotasional.
Memelajari komputer secara teoritis, yaitu analisis dari ilmu algoritma, kompleksitas dari masalah-masalah yang berhubungan, memelajari mengenai logika dan arti dari program.
Logika dan bahasa formal matematika.
Teori tipe.
Perangkat Lunak, memelajari mengenai:
Program dan pemprograman pada komputer, yaitu pemprograman paralel, spesifikasi, verivikasi dan teknik pada program.
Rekayasa perangkat lunak yang menyangkut: optimisasi, metrik pada perangkat lunak, pola mendesainnya, metode atau cara pengembangan yang dilakukan pada perangkat lunak.
Memelajari mengenai bahasa pemprograman dan sistem operasinya.
Organisasi sitem komputer, memelajari mengenai arsitektur pada komputer, jaringan yang ada pada komputer, komputasi terdistribusi, komputasi grid yaitu penggunaan sumber daya, kinerja dari sistem komputer dan implemenatasi yang berhubungan dengan sistem komputer
Data dan Sistem informasi, memelajari mengenai :
Struktur data, representasi penyimpan data, ekripsi dan kompresi data.
Melakukan pengkodean dan teori-teori informasi, berkas dengan mempelajari format berkas.
Sistem informasi; kumpulan informasi, penggalian atau data mining, data warehouse, penyimpanan dan pengambilan terhadap informasi, presentasi pada informatika
Metodologi komputasi, memelajari mengenai :
Manipulasi simbolik dan ilmu aljabar, serta mengenai kecerdasan buatan.
Grafik komputer berupa bagian komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara grafika.
Pengolahan pencitraan dan visi komputer.
Pengenalan pola, yaitu pengenalan pola pada suara.
Simulasi dan maket atau pemodelan.
Pengolahan pada dokumen dan teks.
Pengolahan pada sinyal digital
Aplikasi komputer, memelajari mengenai :
Pengolahan data untuk administratif.
Perangkat lunak matematika mengenai analisis numerik, teori otomatis, aljabar pada komputer.
Ilmu dan teknik fisika kimia dan fisika komputasional.
Ilmu hayat dan medis mencakup: Bioinformatika, biologi komputasional, informatika medika
Ilmu sosiologi, seni dan kemanusiaan.
Rekayasa pada komputer.
Interaksi manusia dengan komputer yaitu rekayasa suara dan kedapatgunaan.
Hiburan berupa permainan pada komputer.
Lingkungan Komputasi, memelajari mengenai :
Industri komputer, produksi dan lain sebagainya.
Sejarah dari perhitungan
Komputer dan pendidikan serta masyarakatnya menyangkut kerja yang kooperatif.
Komputer dilihat dari sudut pandang hukum.
Bagaimana manajemen dan komputasi serta sistem informasi komputer, manajemen mengenai komputasi dari sistem informasi.
Personal komputer dan mengenai keamanan informasi
Sejarah, memelajari mengenai ejarah yang dipelajari di teknik informatika adalah mengenai perhitungan, proyek pemprograman awal, departemen yang berkaitan dengan ilmu komputer, garis waktu dari algoritma.
Nah jika memang Anda menyukai beberapa bahasan teori dari jurusan ilmu informatika, dan merasa itu adalah keahlian Anda, jurusan teknik informatika bisa menjadi pilihan dan sasaran untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.
Bagi mahasiswa yang memilih jurusan teknik informatika jangan bingung memilih pekerjaan sesudah lulus, karena lapangan pekerjaan jurusan ini sangat luas, apalagi di zaman sekarang semua aspek kehidupan tersentuh oleh komputer.
Hampir semua rumah, kantor, perusahaan memiliki komputer. Komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap individu, kelompok. Maka di sinilah kebutuhan pada perkembangan perangkat lunak yang memberikan peluang yang cukup besar bagi para lulusan sarjana teknik informatika.
Beberapa pekerjaan yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan teknik informatika adalah programmer, sistem analisis, desainer web, computer network dan masih banyak lagi. Lulusan teknik informatika mempunyai peluang membuka usahanya dengan berwirausaha sendiri.
Jika ingin mengetahui dan memelajari jurusan ini, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik informatika, baik perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri. Jika tertarik dengan jurusan ini, tinggal Anda menentukan kampus mana yang akan menjadi sasaran tempat Anda nanti berkuliah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar